Windows 11 Perangkat Tidak Mendukung ?, Berikut Cara Install OS Baru ini

Ruang Tutorial — Windows 11 (W11) dapat diinstall pada perangkat yang sebenarnya tidak mendukung, Hanya saja pengguna diharuskan untuk melewati pemeriksaan persyaratan keamanan dan perangkat keras pada operating system (OS) ini, begini cara install OS baru ini.

Semenjak resmi diluncurkan 5 Oktober lalu, Microsoft mengatakan bahwa W11 merupakan OS Windows yang paling aman.

Berikut cara install OS Windows 11 di perangkat yang tidak mendukung. Sebelumnya W11 dapat di-upgrade secara gratis, tetapi upgrade gratis tersedia untuk perangkat yang jauh lebih sedikit daripada upgrade gratis Windows 10. Microsoft telah membuat kriteria kelayakan untuk Windows jauh lebih ketat pada OS ini.

Sebelum menginstall Windows 11 pada perangkat yang tidak mendukung, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Microsoft memiliki support page yang merinci tentang menginstal W11 pada perangkat keras yang tidak didukung.

Pertama-tama, ada kemungkinan masalah kompatibilitas. W11 masih sangat awal dan belum cukup diuji untuk menentukan apakah akan ada masalah kompatibilitas yang melumpuhkan jika Anda menjalankannya pada perangkat keras yang tidak didukung.

Perangkat Anda mungkin tidak berfungsi karena kompatibilitas ini atau masalah lainnya.

Perangkat yang tidak memenuhi persyaratan sistem ini tidak lagi dijamin untuk menerima pembaruan, termasuk pada pembaruan keamanan. Seperti dilansir dari laman resmi Microsoft.

Dengan demikian, W11 tetap bisa diaplikasikan untuk perangkat yang tidak support. Namun pada dasarnya pengguna akan kehilangan beberapa daya tarik keamanan yang dijanjikan Microsoft.Berikut cara menginstal OS Windows 11 pada perangkat keras yang tidak didukung:

✅✅👉 Baca Juga:  UMKM Akan terkenal, Pelaku bisnis nya Harus Tahu 4 Moda Digital Ini

Cara install Windows 11 pada PC/laptop yang tidak mendukung
Sebagai catatan, metode di bawah ini bekerja dengan memodifikasi W11 ISO untuk menghapus pemeriksaan keamanan.

Microsoft tidak menyarankan Anda melakukan ini. Cara ini berisiko membuat sistem Anda tidak dapat dioperasikan, jadi pastikan Anda memiliki cadangan, dan telah memahami risiko tersebut.

Dilansir dari Android Authority, Microsoft memiliki Aplikasi Pemeriksaan Kesehatan PC, yang harus Anda unduh dan jalankan.

Aplikasi akan mengkonfirmasi apakah sistem Anda tidak kompatibel dengan Windows 11, dan mencantumkan komponen yang bertanggung jawab atas ketidaklayakan tersebut. Selain itu, Anda juga perlu memeriksa jenis sistem boot Anda di Windows.

Metode ini mengharuskan Anda memiliki drive USB yang berukuran minimal 8GB. Anda akan membuat drive USB yang dapat di-boot menggunakan ISO Windows 11 resmi dan aplikasi yang dapat di-boot bernama Rufus.

  • Unduh Rufus versi terbaru di sini. Anda juga dapat memilih versi portable jika Anda menginginkan pengalaman sekali klik.
  • https://rufus.ie/en/
  • Buka situs resmi untuk mengunduh W11.
  • Di bawah bagian Unduh W11 Disk Image (ISO), klik Pilih Unduh, dan pilih OS indows 11. Klik tombol Unduh biru.
  • Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih bahasa untuk ISO Anda. Di bawah bagian Pilih bahasa produk, klik Pilih satu. Pilih bahasa pilihan Anda dari dropdown, dan klik Konfirmasi. Pengunduhan akan dimulai.
  • Setelah unduhan ISO selesai, sambungkan drive USB ke komputer Anda, dan jalankan Rufus.
  • Rufus akan secara otomatis mendeteksi drive USB. Jika tidak, atau jika Anda melihat drive lain yang dipilih, klik menu dropdown di bawah label Perangkat, dan pilih drive USB Anda.
  • Klik tombol select di bawah label Boot Selection. kemudian pilih file ISO W11 yang diunduh. Rufus akan mengisi sisa pengaturan yang harus Anda ubah sesuai dengan sistem pilihan Anda.
  • Di bawah label Image Options, pilih Extended W11 in installation (no TPM / no Secure Boot). Pengaturan ini bertujuan untuk memastikan Anda dapat menginstal W11 tanpa pemeriksaan Trusted Platform Module (TPM).
  • Tergantung pada Mode BIOS Anda seperti yang ditentukan sebelumnya, di bawah label Skema Partisi, pilih MBR, jika Anda memiliki sistem BIOS atau GPT atau sistem UEFI, Anda akan melihat label Sistem Target yang menampilkan Mode BIOS Anda saat Anda mengganti Skema Partisi.
  • Jika Anda memiliki sistem 64-bit yang agak lama yang Anda coba, centang opsi tambahkan perbaikan untuk BIOS lama.
  • Klik Mulai untuk membuat USB dapat di-boot. Proses memakan waktu untuk menulis file ke drive USB. Anda akan melihat konfirmasi ketika proses selesai.
✅✅👉 Baca Juga:  Usaha Sampingan di Desa yang Mudah dan Menguntungkan

Sisa prosesnya sama seperti instalasi USB lama yang dapat di-boot. Pasang drive USB ke sistem yang ingin Anda tingkatkan ke Windows 11, dan kemudian boot.

Anda sekarang dapat boot ke USB bootable Windows 11 dengan membuka menu perangkat Boot Anda dengan menekan tombol opsi boot khusus untuk sistem.

Biasanya tombol Delete atau salah satu tombol fungsi. Anda dapat mencari kunci yang mengikat khusus untuk sistem Anda.

Setelah menu perangkat boot muncul, pilih drive USB, dan ikuti pengaturan instalasi Windows 11. Setelah menu perangkat boot muncul, pilih drive USB, dan ikuti pengaturan instalasi Windows 11.

Itulah cara install Windows 11 untuk perangkat yang tidak support.

sumber : cnnindonesia