UMKM Akan terkenal, Pelaku bisnis nya Harus Tahu 4 Moda Digital Ini

Ruang Fintech — Pada era digital sekarang ini membuka banyak ruang untuk upaya pemasaran untuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia. Saat ini ada juga banyak cara bagi para pemain UMKM sehingga bisnis dan produk mereka dapat bertahan dan memenangkan pandemi Covid-19.

Yudho Giri Sucahyo, ketua manajer nama domain Internet Indonesia (Pandi), menjelaskan bahwa ada juga empat “mode” yang dapat digunakan oleh pemain UMKE di era digital saat ini.

“Pertama, memanfaatkan aplikasi percakapan seperti grup whatsapp atau telegram untuk produknya”. Yudho mengatakan pada program inspirasi berjudul “Peran generasi muda dan teknologi dalam pemberdayaan UMKM di Pandemi Covid-19”, kemarin (14/9 ).

Menurut Yudho, membuat halaman atau situs web perlu dilakukan oleh pemain UMKM.  Karena hal ini berbeda dari media sosial, ia memiliki halaman seperti memiliki rumahnya sendiri.

Sehingga pemain UMKM dapat mengelola dan mengelola diri mereka sendiri. “Keempat mode ini harus digunakan untuk pemasaran online di era digital. Silakan mulai di mana saja, ingin membuat pembuatan web media pertama atau sosial dan sebagainya.”

Pada acara bicara inspirasional ini, Pandi berkomitmen untuk memberikan lebih banyak manfaat bagi masyarakat termasuk pemain UMKM.

Oleh karena itu, Pandi selain membuat upaya literasi digital, sangat terbuka untuk bekerja bersama dan berkolaborasi dengan semua pihak.  Seperti kerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Komunikasi dan Informasi, dan sebagainya.

UMKM Menjadi Local Heroes

Program inspirasi adalah serangkaian kegiatan “Wirakarya Local Heroes Festival 2021”. Kegiatan ini menyelenggarakan tiga jenis kompetisi yang dapat diikuti oleh generasi muda. Yaitu tindakan pemberdayaan, penjualan live, dan periklanan video. Pendaftaran tiga kompetisi dapat diakses melalui halaman www.localhero.id.

Baca Juga :

Pemenang kompetisi akan diumumkan pada 28 Oktober untuk bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, pada saat yang sama akan dinamai Duta Besar Sahabat UMKM.

Kompetisi ini didukung oleh Bank Mandiri dan Smartfren, dan didukung penuh oleh Pandi, Kementerian Komunikasi dan Informasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, BPP AKU, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

✅✅👉 Baca Juga:  iPhone 14 Pro Gunakan OLED Punch-hole dan Pixel Binning