Trayek Tol Laut 2022, Kemenhub Tambahkan 2 Rute Baru

Ruang Ekonomi — Kementerian Perhubungan (kemenhub) tambah 2 rute trayek Tol Laut baru di tahun 2022 dari semula 32 menjadi 34, hal ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan angkutan barang melalui kapal di wilayah Indonesia.

Perubahan tersebut tertuang dalam Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor KP – DJPL 8 Tahun 2022.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Arif Toha menyatakan, diperlukan pelayaran yang berkesinambungan tetap. Dan teratur melalui penyelenggaraan angkutan barang di laut ke seluruh wilayah Indonesia.

Hal itu dalam rangka menunjang pendistribusian barang dan pengembangan ekonomi di daerah terpencil atau belum berkembang.

Pelayaran yang berkesinambungan juga dibutuhkan untuk menurunkan disparitas harga antara wilayah Indonesia bagian barat dan bagian timur.

Mengutip CNNIndonesia. Perubahan pertama, jaringan trayek dalam rangka optimalisasi pelaksanaan Penyelenggaraan Kewajiban Pelayanan Publik Untuk Angkutan Barang Di Laut Tahun Anggaran 2022. “Terdapat pada trayek T-11, T-19, T-22, T-23, T-24, T-25, T-26 (perubahan pelabuhan pangkal dan penambahan pelabuhan singgah) dan penambahan trayek T-30,” ujar Arif dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis, 6 Januari 2022.

Rute baru trayek T30 Tol Laut ini akan melayani rute Tanjung Perak – Kaimana – Tanjung Perak. Sehingga alur logistik di daerah yang berada di wilayah Papua Barat tersebut terhubung langsung dengan Pulau Jawa.

Gambaran Rute Tol Laut

(Foto. Dok Kominfo.go.id)

Mengutip halaman resmi kominfo, direktur Jenderal Perhubungan Laut, A. Tonny Budiono menyebutkan bahwa pelaksanaan tol laut didukung oleh sistem distribusi dan konsolidasi barang. Dimana, ditandai dengan dioperasikannya 13 trayek pada tahun 2017, dengan rincian sebanyak 6 trayek dilayani oleh PT. Pelni melalui penugasan, dan sebanyak 7 trayek dilayani oleh perusahaan angkutan laut swasta melalui skema pelelangan umum.

“Selain itu, guna lebih mengefektifkan program tol ini, Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan Kementerian BUMN telah menggagas pembangunan pusat logistik di wilayah jalur tol laut yang dinamakan “Rumah Kita,” kata Tonny.

✅✅👉 Baca Juga:  7 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet