Pinjol Ilegal Ini Ciri Cirinya Menurut OJK

Ruang GadgetPenawaran pinjaman online ilegal (Pinjol) semakin menjamur di masyarakat. Upaya untuk pemblokiran oleh pihak berwenang dalam hal ini OJK.  Tidak dapat membendung munculnya produk pinjaman yang menawarkan bunga selangit.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menjelaskan karakteristik Pinjol ilegal.

1. Penyedia aplikasi / situs web Layanan Pinjol ilegal tidak terdaftar dan OJK berlisensi. Hingga 8 September 2021, jumlah Pinjol yang terdaftar di OJK hanya 107 entitas dengan jenis bisnis konvensional dan syariah. Masyarakat dapat mengakses wilayah hukum Pinjol secara teratur melalui situs web resmi www.ojk.go.id.

2. Illegal Pinjol menawarkan pinjaman online melalui aplikasi pesan pendek WhatsApp dan SMS.

3. Pinjaman online ilegal memberikan bunga dan denda hingga 4 persen per hari.

4. Pinjaman online ilegal biasanya membebankan biaya pengguna dengan biaya tambahan yang cukup tinggi. Ketika pengguna menemukan biaya tambahan lain hingga 40 persen dari nilai pinjaman. Hal tersebut kemungkinan Pinjol ilegal, jadi masyarakat harus mewasdainya.

5. Periode pembayaran singkat tidak sesuai dengan perjanjian awal.

6. Pinjaman online ilegal juga meminta akses ke data pribadi yang diminta secara tidak wajar. Misalnya, data pribadi seperti telepon kontak, foto, video, hingga lokasi akan diminta Pinjol ilegal untuk meneror peminjam yang gagal membayar.

7. Dalam melakukan penagihan,  juga sering melakukan teror dan intimidasi sampai pelecehan terhadap peminjam.

8. Pinjaman online ilegal tidak memiliki layanan dan kantor keluhan yang jelas.

OJK juga menyediakan beberapa tips untuk menghindarinya :

Pertama, jangan klik tautan / hubungi kontak yang tercantum pada SMS / WA yang tidak dikenal.

Kedua, pengguna tidak mudah tergoda oleh penawarannya melalui aplikasi pesan singkat yang menawarkan pinjaman cepat tanpa jaminan.

Ketiga, jika penerima SMS atau WhatsApp Pinjaman Online, pengguna segera menghapus dan memblokir nomornya.

Keempat, periksa legalitas perusahaan sebelum mengajukan pinjaman. Akhirnya, pinjam sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan untuk melunasi pinjaman.

✅✅👉 Baca Juga:  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta masyarakat untuk mengetahui modus Pinjol : Transfer Dana

OJK menarik bagi publik untuk bijaksana dalam melakukan pinjam secara online. Wasit industri keuangan membuka layanan keluhan Pinjol ilegal melalui telepon 157, WhatsApp 081 157157157, dan email consumer@ojk.go.id.

Masyarakat juga dapat mengeluh untuk memproses hukum Pinjaman ilegal melalui situs patrolisiber.id dan email info@cyber.polri.go.id.

Sumber : cnnindonesia