Pengguna Android Memori Cepat Penuh, Padahal Aplikasi Sedikit, Ini Sebabnya!!

Ruang Gadget —Pengguna Android kerap menjumpai kendala phonsel cepat penuh memori nya, padahal aplikasi yang terinstal oleh pengguna android sedikit. Sistem menunjukkan memori hanya menyisakan sedikit ruang, sehingga tidak ada ruang untuk menyimpan data atau aplikasi lagi.

Smartphone Android memiliki rentang memori dari yang berkapasitas 16GB (sekarang sudah jarang memakainya) hingga yang paling besar mencapai kapasitas 1TB.

Memori penyimpanan menjadi elemen penting dalam sebuah ponsel. Ketersediaan ruang penyimpanan yang sedikit dapat mengganggu performa ponsel tersebut.

Oleh karena itu pengguna android perlu memerhatikan ruang penyimpanan dengan seksama agar Dapat mengetahui penyebab ruang penyimpanan pada ponsel menyusut.

Berkurangnya ruang penyimpanan Dapat dari beberapa faktor, ada juga dari aplikasi bawaan Dapat juga dari pengguna android yang mengunduh aplikasinya.

Foto dan Vidio

Ponsel dengan kualitas kamera yang baik menghasilkan hasil foto dan video yang berukuran besar. Dan sistem pengiriman pesan instan sekarang pun memungkinkan untuk tidak mengirim file dalam ukuran aslinya.

Penggunaan ponsel dalam jangka panjang tentu saja akan membuat jumlah file foto dan video semakin banyak.

ada juga itu, tren penggunaan sosial media juga menumbuhkan produksi konten dalam bentuk foto dan video.

Pengguna android Dapat menghapus beberapa file foto dan video melalui aplikasi manajemen file untuk mengurangi ruang penyimpanan yang terpakai.

Cache

Seperti melansir dari Android Authority, cache adalah data yang perlu untuk ponsel bekerja dengan cepat dan efisien. Sehingga membersihkan cache akan memberi efek samping pada kinerja aplikasi tersebut.

Namun jika pengguna androidย  ingin mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih lega, cara ini Dapat menjadi pilihan. Berikut ini langkah-langkah untuk menghapus cache:

โœ…โœ…๐Ÿ‘‰ Baca Juga:  iPhone 14 Pro Gunakan OLED Punch-hole dan Pixel Binning

1. Buka bagian Settings di ponsel Anda

2. Pilih Battery and Device Care

3. Lalu pilih Storage

4. Klik pada ikon di kanan atas lalu pilih Advanced

5. Pilih Other Apps

6. Kemudian Anda Dapat memilih aplikasi yang ingin menghapus cachenya.

Offline Maps

Google Maps memiliki fitur offline maps yang memungkinkan pengguna android melihat peta tanpa menggunakan paket data. Hal ini akan sangat membantu, terutama di wilayah dengan kualitas sinyal yang kurang baik.

Meski sangat berguna, offline maps yang tersimpan di ponsel cukup menghabiskan banyak ruang. Pemakai android dapat menghapus offline maps yang sudah terunduh dengan cara berikut:

1. Buka aplikasi Google Maps

2. Klik Foto Profil Anda yang terletak di bagian kanan atas.

3. Pilih Offline Maps

4. Klik pada ikon titik tiga di sebelah area yang sudah diunduh

5. Pilih Delete

Sisa Data Aplikasi Lama

ada juga itu, data yang memakan cukup banyak ruang Dapat jadi adalah sisa-sisa data dari aplikasi yang telah dihapus. Saat aplikasi dihapus, data dari aplikasi tersebut terkadang masih tersisa di ponsel. Data itu biasanya berupa data unduhan, foto, atau file pengaturan dari aplikasi tersebut.

Ruang penyimpanan yang sedikit akan mengganggu produktivitas pemakai android. Namun beberapa cara Dapat dilakukan guna memperluas kapasitas ruang penyimpanan di phonsel. Di antaranya penggunaan kartu memori eksternal dan penggunaan penyimpanan awan atau cloud storage.

Seperti dilansir dari Mobile Internist, jika Anda tidak menemukan penyebab memori penuh. Melakukan Factory Reset Dapat juga menjadi solusi untuk membuat phonsel Anda bersih kembali, namun lakukan dulu backup data sebelum melakukan hal tersebut.

Sumber : cnnindonesia

โœ…โœ…๐Ÿ‘‰ Baca Juga:  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta masyarakat untuk mengetahui modus Pinjol : Transfer Dana