Korea Utara (Korut) Tembakkan Rudal Balistik Ke Laut

Ruang Internasional — Kim Jong Un Korea Utara (Korut) kembali menembakkan proyektil yang diyakini rudal balistik, Penembakan itu terjadi Selasa (11/1/2022). Ini merupakan uji coba rudal kedua yang dilakukan Korut sepanjang Januari 2022 atau kurang dari sepekan.

Penjaga Pantai Jepang menjelaskan, rudal meluncur ke angkasa sebelum jatuh di perairan Laut Jepang. Dari model lintasannya diyakini proyektil yang ditembakkan itu berjenis balistik.

Mengutip CNNIndonesia, Kepala Staf Gabungan Militer Korea Selatan mengatakan proyektil tersebut diluncurkan ke laut timur. Namun, ia tak memberikan rincian lebih lanjut.

“Militer kami mendeteksi dugaan rudal balistik yang ditembakkan oleh Korea Utara dari darat menuju Laut Timur sekitar pukul 07:27 pagi hari ini,” katanya, dalam pernyataan resmi seperti dikutip AFP, Selasa (11/1).

Peluncuran tersebut juga dilaporkan oleh penjaga pantai Jepang.

“(Korut menembakkan) benda mirip rudal balistik,” kata penjaga pantai Jepang.

Penembakan Rudal Korea Utara (Korut)

Peluncuran rudal ini merupakan bagian dari komitmen pemimpin Korut Kim Jong Un dalam pidato Tahun Barunya. Yaitu untuk mendukung militer dalam menghadapi situasi internasional yang tidak stabil. Di tengah terhentinya pembicaraan dengan Korsel dan Amerika Serikat soal pelucutan senjata nuklir di Semenanjung Korea.

Penembakan itu dilakukan usai enam negara, termasuk Amerika Serikat dan Jepang, mendesak Korea Utara menghentikan tindakan yang membuat kawasan tak stabil atau destabilisasi.

Desakan tersebut mencuat jelang pertemuan tertutup Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk membahas uji coba rudal hipersonik yang dilakukan Pyongyang pekan lalu.

Uji coba terbaru disebut menjadi respons penolakan Korea Utara atas seruan Amerika Serikat untuk melakukan pembicaraan.

Pekan lalu, Korut mengklaim berhasil melakukan uji coba rudal hipersonik. Uji coba ini merupakan yang pertama sejak Oktober 2021 lalu.

Pemerintah mengatakan, keberhasilan berturut-turut dalam uji peluncuran rudal hipersonik memiliki signifikansi strategis karena senjata itu turut mempercepat modernisasi alat utama sistem pertahanan negara itu.

✅✅👉 Baca Juga:  Korban Pesawat Ditembak Rudal Iran Dapat Kompensasi 107 juta dolar