Honda CB150X Cocok untuk Touring di Indonesia

Ruang Otomotif — Honda CB150X merupakan produk yang spesial. Baik bagi Honda maupun Astra Honda Motor (AHM) di Indonesia, motor sport cocok untuk adventure touring. Pasalnya, motor bergaya adventure touring itu lahir dari pabrik Honda di Indonesia.

Setelah sebelumnya dikembangkan dengan melihat pasar lokal. Disebut, ia hadir sebagai pengisi segmen baru. Khususnya di kelas sport 150 cc.

Direktur Marketing AHM, Thomas Wijaya menyebut, pasar Indonesia sangat beragam jika dibandingkan negara lain. Juga dengan porsi market yang signifikan cukup besar. Khususnya kelas sport di bawah 250 cc. Sementara tawaran produk di pasar didominasi naked dan full fairing.

“Kami lihat pengguna sport di Indonesia ternyata sangat beragam. Apalagi dulu banyak yang naked atau full fairing. Belakangan banyak yang ke arah dual purpose.

Kami melihat market adventure on/off road ini juga berkembang sekarang. Nah jadi lihat akan mengembangkan, bagaimana orang bisa punya daily riding tapi juga punya feeling off road touring,” ungkap Thomas pada rangkaian acara touring Honda CB150X dengan media dan komunitas di Bandung, Jawa Barat (20/12).

Thomas menambahkan, variabel pasar sport di Indonesia sangat banyak. Tak cuma city touring yang biasa diwakilkan oleh model naked. Gaya tualang dari perwakilan dual purpose juga tengah digemari.

Seperti yang ditawarkan oleh Honda CRF150L. Makanya coba dipadukan elemen keduanya. Sebagai kebaruan yang bisa dinikmati konsumen Indonesia. Menjadikan CB150X produk yang spesial dan penting bagi AHM.

“Kalau di negara lain itu tidak banyak, rata-rata full fairing. Di Indonesia variabelnya banyak sekali. Makanya kami melihat ini sangat penting sekali buat Indonesia. Kami ciptakan segmen baru lah, kombinasi antara city touring, yang suka dual purpose, nah ini kami coba lihat ke yang benar-benar suka adventure touring,” ujar Thomas lagi.

Memperkaya Opsi Pasar Sport

Berbekal riset pasar, pengembangan dilakukan sehingga menghasilkan CB150X. Motor sport adventure touring yang dibangun dari keluarga CB berjantung pacu 150 cc. Ya, ia berbagi platform langsung dengan CBR150R dan CB150R Streetfire. Menghasilkan varian baru yang bisa menambah opsi bagi konsumen yang mengincar model sport kelas pemula.

✅✅👉 Baca Juga:  Headphone Nokia E1200 dengan ANC dan daya tahan hingga 50 jam

Menurut Thomas, CB150X benar-benar cocok untuk mereka yang mencari motor tualang jarak jauh. Tanpa melupakan kemampuannya dipakai sebagai kendaraan sehari-hari.

“Kami kan tidak lihat volume. Mengembangkan produk ini dengan kondisi marketnya sport ini kan menarik. Variabelnya banyak, dalam arti orang yang suka hobi, gaya, touring, pasti akan lari ke CB150X.

Tapi kalau bicara CB150R, nah itu kan buat city touring. Kalau di city touring kan butuh yang enteng banget. Kalau long touring enak banget pakai ini.”

Alasan CB150X diklaim cocok / sangat enak untuk touring, juga dari perbekalan dan fitur yang dipunya. Misal tapered handlebar, high windscreen, ground clearance tinggi dan undercowl yang memberi proteksi bagian mesin.

Sementara racikan dapur pacunya disetel biar bisa memberi output optimal di putaran rendah sampai menengah. Cocok untuk melibas jalan menanjak.

“Sudah pakai tapered handlebar. Kemudian torsi di mediumnya juga tinggi kan, jadi kalau pas di tanjakan atau touring lebih enak. Memang desain dan karakter mesin kami sesuaikan dengan masing-masing,” pungkas Thomas.

sumber : oto