Cryptocurrency Baru 2021, Instrumen Investasi yang Naik Daun

Ruang Ekonomi — Aset kripto (cryptocurrency) seperti Bitcoin, Ethereum, Binance, bahkan yang baru di 2021 Xaurius (XAU) ramai digandrungi oleh masyarakat dengan mencoba keberuntungan di aset digital ini, setelah merebaknya pandemi covid-19 di seluruh dunia.

Cryptocurrency merupakan mata uang digital yang digunakan untuk bertransaksi secara virtual. Cryptocurrency juga dilengkapi dengan teknologi kriptografi, yakni rangkaian sandi-sandi rahasia yang rumit dipecahkan untuk melindungi dan menjaga keamanannya.

Bitcoin, mata uang kripto dengan kapitalisasi terbesar dunia, bahkan pernah menyentuh angka fantastis senilai US$68.789 atau setara Rp981 juta per keping pada Rabu (10/11). Angka tersebut naik 105 ribu persen dari nilai terendahnya, US$65,53 per keping, yang diperdagangkan pada Juli 2013.

Dikutip coinmarketcap.com, Ethereum dan Binance juga mengalami kenaikan signifikan tahun ini. Keduanya berhasil menyentuh nilai tertinggi masing-masing sebesar US$4.891 dan US$690 per keping. Ethereum naik hingga 1,2 juta persen, sementara Binance naik 766 ribu persen dari titik terendahnya.

XAURIUS Cryptocurrency Baru 2021 (#CryptoEmas)

Pada kuartal pertama tahun 2021, sebuah perusahaan asset digital bernama XAURIUS (PT Xaurius Asset Digital). Meluncurkan cryptocurrency pertama di Indonesia yang didukung emas dengan nama token XAU.

Tujuan diluncurkannya #CryptoEmas ini untuk menggairahkan kembali transaksi emas. Dengan menggunakan infrastruktur blockchain dan memungkinkan tokenisasi emas menjadi token XAU. Maka dapat dipastikan penjualan dan pembelian emas bisa berlangsung mulus dengan transaksi yang aman dan transparan.

Salah satu hal yang membedakan cryptocurrency berbasis emas. Keunggulannya untuk dapat mempermudah transaksi jual beli emas dan dapat mengirimkan emas hanya dengan hitungan detik saja.

Mengutip dari Halaman Xaurius.com, token yang didukung emas yang mewakili kepemilikan penuh atas Emas Fisik. XAU telah menghilangkan inefisiensi, meningkatkan aksesibilitas dan menstabilkan akuisisi dan kepemilikan mata uang tertua di dunia untuk bertransaksi secara real time, mengurangi volatilitas yang secara tradisional terkait dengan pengadaan emas.

Setiap Token XAU akan disimpan di Vault yang aman. Xaurius juga akan mengaudit inventaris emasnya dengan menggunakan auditor independen dan akan diperbarui di situs web ini setiap tiga bulan.

✅✅👉 Baca Juga:  Peran APRED dalam Kesuksesan Reksa Dana di Investech Indonesia

Aset kripto yang didukung emas juga lebih stabil sehingga mendapatkan julukan stablecoin. Tipe token ini memiliki volatilitas rendah dibandingkan dengan cryptocurrency biasa yang tidak didukung oleh apapun.

Mata uang kripto yang dijamin emas mempunyai nilai yang terkait dengan aset nyata, di mana 1 XAU = 1 gr emas.