5G Optimal di Indonesia Itu Butuh Tiga Tahun , Ungkap Pakar Tekno

  • Share
5g-optimal-di-indonesia-itu-butuh-tiga-tahun-ungkap-pakar-tekno-jaringan-selular
Ilustrasi. 5G Optimal di Indonesia Itu Butuh Tiga Tahun , Ungkap Pakar Tekno (Foto: unknown)

Ruang Teknologi — Pakar teknologi sekaligus Direktur Eksekutif Indonesia ICT Institute, Heru Sutadi mengatakan butuh tiga tahun agar Jaringan Selular 5G optimal di Indonesia (RI).

Direktur Eksekutif Indonesia ICT Institute ini. Pakar teknologi ini menyebut indonesia belum lama ini kedatangan teknologi jaringan selular generasi kelima (5G) sehingga masih butuh waktu untuk mengoptimalkan.

“Biasanya penggunaan secara luas, mulai di tahun ke-3. mulai take off itu,” kata Heru dikutip dari CNNIndonesia.com, Minggu (09/01).

Selain jaringan yang perlu diperluas, Hure lanjutnya, mengatakan kehadiran perangkat yang lebih murah juga dibutuhkan sehingga bisa nikmati semua kalangan.

BACA JUGA : Meteor Meledak di Atas Langit Kota Pittsburgh, Amerika Serikat (AS)

“Namun, selain jaringan, pelru didukung dengan ponselnya juga yang harganya kian murah sehingga bisa banyak dibeli masyarakat,” jelas Heru.

Selain perangkat, kehadiran ekosistem yang menggunakan jaringan 5G juga akan membantu pemanfaatan teknologi ini jadi semakin maksimal.

“Hal lainnya, ini juga akan tergantung ekosistem, yang harusnya juga dikembangkan seperti IoT, smart city, AI dan lainnya. Ekosistem harus dikedepankan untuk dibangun bersama agar menjadi killer services,” kata Heru.

Teknologi dihadirkan pertama kali oleh operator seluler plat merah Telkomsel Mei 2021 lalu. Kemudian disusul oleh Indosat dan XL Axiata beberapa bulan kemudian.

Meski demikian, Heru menyebut bahwa layanan utama yang mendapatkan manfaat 5G adalah layanan video dan game.

“Diprediksi layanan data berkecepatan tinggi masih akan jadi unggulan 5G utamanya mendukung video on demand dan sharing video serta gim,” pungkasnya.

Beberapa waktu lalu Kominfo membeberkan bahwa terdapat beberapa kendala dalam visi percepatan Pemerintah dan operator selular kini bersama-sama membangun fasilitas dan infrastruktur layanan jaringan selular generasi kelima di Tanah Air. Salah satunya ketersediaan frekuensi radio.

Pemerintah dan operator selular kini bersama-sama membangun fasilitas dan infrastruktur layanan jaringan selular generasi kelima di Indonesia.

Sebelumnya Apa Itu Teknologi 5G?

Dilansir dari Qualcomm, teknologi 5G merupakan jaringan seluler generasi kelima (fifth generation / 5G) yang menjanjikan kecepatan pengunduhan dan pengunggahan data 10 sampai 20 kali lebih cepat dari kecepatan internet generasi sebelumnya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.