Kenapa Mobile Legends Populer Banget?, Ini Alasannya

  • Share
kenapa-mobile-legends-populer-banget-ini-alasannya
Kenapa Mobile Legends Populer Banget?, Ini Alasannya (Dok. MLBB)

Ruang Game — Kenapa Mobile Legends (MLBB) sangat populer, semenjak perkembangan esports yang kian melaju kencang, khususnya di Indonesia beberapa tahun terakhir ini, berikut diantara alasannya, event, hemat kuota, konten dan karakter dan gameplay sederhana.

Guna menarik minat dari para komunitas seperti yang dilakukan Moonton, untuk menghidupkan Mobile Legends, tidak hanya di Indonesia tetapi juga seluruh dunia.

Upaya yang mereka lakukan terbukti sukses besar. Sejak rilis pada tahun 2016, Mobile Legends menjadi game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) untuk mobile, yang berhasil menarik minat para gamer di Tanah Air.

Beragama turnamen pun lahir baik secara nasional maupun internasional. Moonton saja sudah menggelar ajang kompetitif nasional sebanyak delapan kali, di mana Mobile Legends: Bang Bang Professional League (MPL) Indonesia Season 8 menjadi yang terbaru.

Kesuksesannya tidak hanya dari segi pemain, dari gelaran kompetisi yang telah mereka hadirkan, mampu mengalahkan turnamen esports besar lainnya. Bahkan baru-baru ini, melalui situs Esports Charts, mereka mengungkapkan 10 turnamen esports paling banyak ditonton, termasuk game tersebut di dalamnya.

Melalui pertandingan skala internasional, yakni M3 Mobile Legends World Championship, game moba ini mengisi posisi empat. Di mana berhasil mengumpulkan 3,19 juta Peak Viewers.

Lalu M2 Mobile Legends World Championship berada di tempat kelima. Dengan menyabet penonton hingga 3 juta Peak Viewers. Diikuti oleh MPL ID Season 8 peringkat 8 dan MLBB Southeast Asia Cup posisi 9. Sehingga bisa dikatakan bahwa kepopuleran Mobile Legends mendominasi daftar 10 turnamen esports paling populer di dunia.

Ini juga menjadi alasan, mengapa banyak streamer memilih game besutan Moonton tersebut untuk dimainkan. Selain gameplay yang ditawarkan cukup seru, peminatnya pun sangat banyak di Indonesia. Sehingga menjadi kesempatan baik untuk bisa mengambil penonton dari para penikmat game tersebut di Tanah Air.

BACA JUGA : Game Penghibur pada Google Santa Tracker

MLBB-Moonton-Event-hemat-kuota
1 Billion Downloads (Dok. MLBB)

Alasan Mengapa Mobile Legends Populer Banget

1. Spesifikasi Game yang Cukup Rendah

Mengutip halaman ligagame.tv, salah satu alasan mengapa game ini banyak dimainkan adalah spesifikasi yang cukup rendah, sehingga meningkatkan jumlah pemain yang bisa ikut serta. Berbeda dengan game lainnya seperti Arena of Valor (AoV), Need For Speed, PUBG Mobile, dan VainGlory, Mobile Legends memberikan kesempatan untuk para pengguna hp dengan spek rendah. 

Cukup dengan RAM sebesar 1GB saja atau bisa diibaratkan hp lemot / kentang, pemain sudah bisa menikmati game dengan lancar. 

Walau tentunya, untuk grafik dan performa maksimal, disarankan untuk menggunakan kapasitas RAM 3GB, memori Internal 16GB, Prosesor Quad Core, dan Jaringan 4G.

2. Mobile Legends Sangat Sederhana untuk Dimainkan

Sangat sederhana untuk dimainkan karena dasar dari game ini adalah mekanisme multiplayer online battle arena (MOBA). Secara singkatnya, game ini menggunakan sistem pertarungan 5 vs 5, kerja sama tim merupakan kunci kemenangan game ini. Hero yang dihadirkan juga memiliki rolenya masing-masing seperti role Fighter, Support, Assassin, Mage, dan Marksman. 

Berbeda dengan game MOBA lain seperti Dota 2 dan League of Legends, MLBB jauh lebih sederhana. Mekanisme dan kontrol yang diberikan oleh pihak Moonton tidak begitu membebani para pemain pemula, sehingga bisa dikuasai dengan cepat. 

3. Konten dan Karakter Kreatif & Tidak Monoton

Salah satu faktor yang paling dikuasai oleh Mobile Legends adalah kreativitas kontennya. Setiap karakternya dibuat berdasarkan negara. Misalnya, Yi Sun-Shin dari Korea, Kagura dari Jepang, dan GatotKaca dari Indonesia. 

Bukan hanya itu, Moonton selalu memastikan game tidak terlalu repetitif dan membosankan. Patch selalu dipastikan hadir di setiap bulan, baik itu untuk mengeluarkan hero baru ataupun merombak gameplay.

4. MLBB Hemat Kuota

“Kuota,” hal yang paling diwaspadai oleh para pemain Indonesia. Nah, selain spesifikasi game yang cukup rendah, MLBB juga hemat kuota dibandingkan game lainnya.  Untuk satu pertandingan, kuota yang dimakan hanya sebesar 10 – 20 MB saja. Benar-benar bersahabat kan? Tidak heran jika game ini sangat ramai untuk dimainkan.

5. Event Menarik Mobile Legends

Mobile Legends sering kali memberikan event-event yang menarik, dimulai dari pilihan skin (EPIC) terbaru, bonus event, member Starlight, hingga membagikan skin gratis. 

Tema yang diberikan ini cukup menggiurkan dan sanggup menarik perhatian khalayak. Meski beberapa konten mengharuskan pemain untuk mengeluarkan uang, hal ini sepertinya tidak menghentikan para pemain sama sekali. 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.