Setelan Awal PS4, Cara Factory Reset PS4

  • Share
setelan-awal-ps4-cara-factory-reset-playstation-ps4-sony
Setelan Awal PS4, Cara Factory Reset PS4. (Foto: RoadToVR)

Ruang Tutorial — Salah satu cara dan juga disarankan adalah dengan mengembalikan semua setelan atau settingan ke awal, berikut langkah-langkah yang diperlukan untuk menyetel ulang Sony Playstation 4 (PS4) ke setelan awal atau “factory reset“.

Banyaknya update yang mungkin telah membuat perubahan setting hingga beberapa masalah yang bisa merepotkan, para pemilik PS4 ingin menyelesaikan masalah dengan cepat dan mesin konsol kesayangannya dapat berjalan normal dan lancar kembali.

Perlu diingat, menyetel ulang perangkat seperti Sony PlayStation 4 (PS4) ke setelan pabrik bisa menjadi langkah drastis. Seperti disebutkan sebelumnya, selain untuk memulai awal yang baru, factory reset biasanya dilakukan jika seseorang berencana untuk menjual PlayStation 4 atau memberikannya kepada teman atau anggota keluarga.

Mengetahui cara melakukan reset pabrik pada PS4 bisa menjadi proposisi yang rumit, tapi tenang, ligagamers bisa mengikuti panduannya berikut ini.

BACA JUGA : Windows 11 Perangkat Tidak Mendukung ?, Berikut Cara Install OS Baru ini

Cara Factory Reset PS4

Mengutip halaman ligagametv, ada dua komponen utama untuk melakukan reset pabrik. Yang pertama adalah melepaskan akun PSN dari PlayStation 4. Yang kedua adalah reset pabrik yang sebenarnya.

Sehingga, melakukan reset pabrik disarankan jika pengguna berencana untuk menyimpan konsol. Melakukan keduanya disarankan jika berencana menjual atau melepaskan konsol kepada orang lain.

Disassociate the PSN Account

  1. Navigate to and open “Settings”
  2. Navigate to and select “Account Management”
  3. Select “Activate as Your Primary PS4”
  4. “Deactivate”
  5. “Yes” to confirm
  6. Select “OK” once complete

Menonaktifkan akun PSN di PS4 artinya menonaktifkan fitur “temukan perangkat saya” di ponsel dan keluar dari akun apa pun yang terkait dengannya. Ini juga perlu dilakukan jika membeli PlayStation 4 bekas karena mungkin belum dilakukan oleh pemilik atau toko.

Performing Factory Reset 

  1. Navigate to and open “Settings”
  2. Open “Initialization”
  3. Select “Initialize PS4”

Dengan memilih “Quick” akan dengan cepat menghapus semua data dari drive tetapi tidak sepenuhnya aman karena data dapat dipulihkan menggunakan perangkat lunak khusus.  Opsi “Full” akan menghapus drive dengan aman dan mencegah upaya memulihkan data. Memilih “Full” akan memakan waktu beberapa jam untuk diselesaikan, tetapi merupakan pilihan terbaik dari sudut pandang keamanan.


Setelah “Quick” atau “Full” telah dipilih, pilih “Inisialisasi
Pilih “Ya” untuk mengonfirmasi

Sony PlayStation 4 akan reboot dan proses Factory Reset akan dimulai. Setelah selesai, PlayStation 4 akan boot dan berada di layar startup. Dari sini, tekan dan tahan tombol daya akan mematikan konsol dengan aman.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.